Sabtu, 17 Juli 2010

Seberapakah Penting kehadiran Industri Vulkanisir bagi Dunia?


Mungkin bagi anda Vulkanisir adalah salah satu cara yang efektif didalam menyiasati penghematan keuangan anda di dalam biaya pengeluaran kendaraan seperti pembelian ban baru, tetapi disisi Lain Vulkanisir juga merupakan salah satu cara untuk merawat alam semesta ini?
apakah statement ini terlalu berlebihan? mari kita bahas satu persatu disini.

Pertama, di dalam proses pembuatan satu buah Ban Baru ukuran 1000-20, diperlukan kurang lebih 20 liter bahan bakar, dan sekitar 35-45kg karet sintetis, nylon, kawat stell, dan bahan kimiawi lainnya, bagaimana jika dunia dalam perhari dapat memproduksi sekitar 10.000 ban ukuran 1000-20? berapakah sumber daya alam yang diperlukan?

Kedua, yaitu Ban anda ketika tapaknya telah habis, sangat perlu untuk divulkanisir,
Mengapa?
mengingat pada saat membeli ban baru untuk pertama kalinya, 80% dari Uang yang anda keluarkan untuk pembelian tersebut adalah terdapat pada badan (casing) ban, hill, dan sidewall (bagian samping ban) , sedangkan 20% dari harga yang anda keluarkan berada di tapak ban tersebut.
Dan jika ban baru telah habis tapaknya, dan anda memutuskan untuk tidak divulkanisir, maka berarti anda telah melakukan pemborosan sebesar2 nya dengan membuang 80% biaya anda.
apakah ini Efektif bagi usaha Anda?

Ketiga, jika Pemain usaha tidak menggunakan jasa Vulkanisir, kemanakah limbah Ban yang telah usang dan tidak digunakan tersebut? memang ada sebagian yang menjual ban usang tersebut untuk dijadikan bangku dari karet dan tali untuk timba sumur? namun apakah tidak berlebihan jika semua ban tersebut di ubah menjadi produksi lain seperti tali timba, dan bangku karet tersebut, siapakah end user nya? mengingat pada jaman sekarang timba sumur telah banyak digantikan posisi nya oleh pompa air, dan kursi karet juga telah direbut posisi nya oleh kursi dari Plastik, lalu jika hanya sebagian kecil yg dapat diproses sebagai produk lain seperti diatas, kemanakah sebagian besar limbah ban bekas tersebut?
apakah Pemerintah Menyediakan Lahan khusus untuk Membuang sisa Ban bekas tersebut?

Keempat yaitu gambaran tentang Limbah dari Ban bekas yang tidak di vulkanisir



Kamis, 15 Juli 2010

KEKUATAN DAN DAYA JELAJAH BAN VULKANISIR.


DAYA KONSTRUKSI BAN
Untuk proses pengerjaan yang benar dan bagus baik sistem panas maupun sistem Dingin,
Kontruksi Ply Rating yang ada pada Ban tidak boleh berkurang , bila sudah terkikis atau Ply rating sudah terbuang sebagian, maka hasil pekerjaan Ban Vulkanisir tidak bisa sempurna.
Dapat diibaratkan seperti ketika kita membangun Rumah bertingkat yang mewah, tetapi fondasi hanya ala kadarnya saja, apakah Rumah tersebut dapat berdiri kokoh?

DAYA LEKAT KARET VULKANISIR.
Apapun kondisi Casing ban dan apapun sistem Prosesnya, daya lekatnya tetap tergantung pada proses pengerjaannya, disini SDM yg melakukan tugasnya harus benar benar qualified dan bertanggung jawab dalam melaksanakan ketentuan2 yg benar dan sesuai dengan standard pekerjaannya, artinya Ban harus kering, bersih, lobang2 bekas paku dll harus sudah ditambal, cacat2 pada phisik casing, somplak dll harus sudah di tutup rapat, tidak boleh ada angin yg tersisa walau sekecil bulatan uang logam, tekanan angin dan temperatur harus dijaga stabil, lamanya proses harus ikuti aturannya.

DAYA JELAJAH,
Faktor yang paling utama adalah kwalitas dari karet Vulkanisir, jadi TIDAK BENAR kalau karet Dingin lebih bagus dari karet Panas.
ingat, ban baru menggunakan karet vulkanisir sistem panas.
Ada pertanyaan, kenapa dengan kwalitas karet yang sama dan dipakai dalam satu kendaraan tapi daya pakainya bisa berbeda, ada yg batiknya masih tebal dan ada yg sudah tipis, jawabanya sbb:
Selain faktor utama kwalitas karet Vulkanisir, masih terdapat banyak faktor lain yang mempengaruhi daya jelajah ban tersebut antara lain yaitu yang paling sering kita jumpai adalah :

PASANGAN BAN TIDAK SAMA TINGGI, jadi ban yang tinggi memikul beban dan tekanan yg jauh lebih besar dari ban yg lebih kecil.

TEKANAN ANGIN TIDAK SAMA, bila tekanan angin melampaui batas yang direkomendasikan maka telapak ban yang menapak ke jalan tidak merata, tetapi hanya yang bagian tengahnya, kalau ini terjadi, maka daya jelajah akan berkurang 20 ~ 50 % dari yang seharusnya, kondisi ini bisa dilihat dari casing bekas yg sdh gundul, apakah terkikis hanya bagian tengah atau merata.
Selain contoh diatas, masih ada faktor2 lain yang mempengaruhi daya jelajah ban.
BAN VULKANISIR PROSES PANAS DAN PROSES DINGIN

Banyak yang keliru membuat penilaian, mengatakan bahwa Ban Vulkanisir Dingin lebih bagus dan lebih kuat dari Ban Vulkanisir Panas, ada juga yang mengatakan bahwa harga Ban proses dingin lebih mahal dari yang proses panas.
pendapat ini sama sekali TIDAK BENAR, karena Ban Baru dari pabrik ban di proses sistem panas, Ban pesawat terbang juga hanya diproses dgn sistem Vulkanisir Panas.
Pendapat yang salah diatas seakan-akan ingin mengatakan kalau Vulkanisir sistem Dingin lebih baik dari Ban Baru.

DAYA KONSTRUKSI Ban tergantung dari Ply Rating (lapisan benang) yg ada pada tiap ban dan dibuat oleh pabrik ban dimana ban tersebut diproses.
DAYA LEKAT karet Vulkanisir tergantung dari pada proses pengerjaan dan bahan dasar Ban bekasnya.
DAYA JELAJAH tergantung dari pada kwalitas karet vulkanisir baik panas maupun dingin
Hubungannya yaitu sebagai berikut:

DAYA KONSTRUKSI BAN
Untuk proses pengerjaan yang benar dan bagus untuk sistem Dingin,
Kontruksi Ply Rating yang ada pada Ban tidak boleh berkurang , bila sudah terkikis atau Ply rating sudah terbuang sebagian, maka hasil pekerjaan Ban Vulkanisir tidak bisa sempurna.
Pekerjaan ini justru hanya bisa dikerjakan melalui proses Vulkanisir sistem panas, karena karet vulkanisirnya masih setengah jadi dan ban akan dicetak menurut alur batik yang ada di mold cetakan.
Sistem Dingin tidak bisa mengerjakan karena Tread liner ( karet telapak ban) sudah jadi atau siap pakai dan hanya bisa dilekatkan pada permukaan casing (ban) yang rata.
Jadi perbedaaannya adalah Vulkanisir Proses Dingin hanya memilih casing-casing Ban yang bagus.
Saat ini banyak pelaku usaha yg kurang bertanggung jawab memaksakan proses Vulkanisir dingin pada casing yang sudah kurang layak.
Tetapi masih ada juga pelaku usaha yang tidak bersedia mengerjakan proses vulkanisir pada casing-casing ban yg kurang layak, untuk dingin maupun untuk proses panas.

DAYA LEKAT KARET VULKANISIR.
Apapun kondisi Casing ban dan apapun sistem Prosesnya, daya lekatnya tetap tergantung pada proses kengerjaannya, disini SDM yg melakukan tugasnya harus benar benar qualified dan bertanggung jawab melaksanakan ketentuan2 yg benar sesuai standard pekerjaannya, artinya Ban harus kering, bersih, lobang2 bekas paku dll harus sudah ditambal, cacat2 pada phisik casing, somplak dll harus sdh di tutup rapat, tidak boleh ada angin yg tersisa walau sekecil bulatan uang logam, tekanan angin dan temperatur harus dijaga stabil, lamanya proses harus ikuti aturannya.

DAYA JELAJAH,
faktor yang paling utama adalah kwalitas karet Vulkanisir, jadi TIDAK BENAR kalau karet Dingin lebih bagus dari karet Panas, ingat, ban baru menggunakan karet vulkanisir sistem panas.
Ada pertanyaan, kenapa dgn kwalitas karet yang sama dan dipakai dalam satu kendaraan tapi daya pakainya bisa berbeda, ada yg batiknya masih tebal dan ada yg sudah tipis, jawabanya sbb:
Selain fakyor utama kwalitas karet Vulkanisir banyak faktor lain yang mempengaruhi daya jelajah antara lain yg paling sering kita jumpai adalah :
PASANGAN BAN TIDAK SAMA TINGGI, jadi ban yang tinggi memikul beban dan tekanan yg jauh lebih besar dari ban yg lebih kecil.

TEKANAN ANGIN TIDAK SAMA,
bila tekanan angin melampaui batas yang direkomendasikan maka telapak ban yang menapak ke jalan tidak merata, tetapi hanya yang bagian tengahnya, kalau ini terjadi, maka daya jelajah akan berkurang 20 ~ 50 % dari yang seharusnya, kondisi ini bisa dilihat dari casing bekas yg sdh gundul, apakah terkikis hanya bagian yengah atau merata.
Selain contoh diatas, masih ada juga faktor2 lain yang mempengaruhi daya jelajah ban.

Selasa, 13 Juli 2010








Uploaded with ImageShack.us

Kamis, 08 Juli 2010



Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket


Casing Pelanggan Champion.






Vulkanisir ban OTR Champion.




Liner vulkanisir dingin Champion tipe kasar.