Selasa, 22 Desember 2009

VULKANISIR BAN DAN PROSES
Vulkanisir Ban atau dalam bahasa umum dikenal juga dengan re-tread, memasang ulang telapak ban baru ada 2 jenis yang secara umum disebut proses dingin (precured) dan proses panas (moldcured) dengan demikian ban bekas yang telapaknya sudah gundul dapat dipakai kembali layaknya Ban baru.
Harga sebuah ban baru dapat dipisahkan menjadi harga casingnya 70% dan harga karet telapaknya (tread) 30% jadi dengan dilakukannya vulkanisir ulang, ada penghemtan 60% ~ 70% ketimbang membeli ban baru dan Ban vulkanisir ulang punya kontribusi yang besar terhadap perusahaan Angkutan, PO Bus maupun truck2 angkutan tanah dan truck perusahaan pertambangan.
Ban dapat di Vulkanisir berulang-ulang tergantung kondisi kelayakan casing dan masa pakai belum melampaui 5 tahun terhitung sejak ban diproduksi dari pabriknya.
Proses vulkanisir memerlkan tahapan proses diantaranya:
Tahap 1 : inspection awal ( Ban layak di proses atau di reject)
Tahap 2 : repair 1 (perbaikan casing dari lobang paku atau cacat2 kecil lainnya)
Tahap 3 : Buffing / parut ( membuang sisa2 karet telapak lama utk dipasang karet baru)
Tahap 4 : Knifing / repair / cementing (perbaikan casing supaya lebih sempurna)
Tahap 5 : Building ( pemasangan karet telapak baru jenis panas atau jenis dingin)
Tahap 6 : Curing ( lama curing dan temperatur arus panas tergantung masing2 sistem)
Tahap 7 : Final inspection (memeriksa kesempurnaan proses vulkanisasi)

4 komentar :

  1. apek tenan ki tulisane...

    BalasHapus
  2. mesin China tak bahaya kah?

    BalasHapus
  3. Saya sangat berminat sekali dengan mesin china,bagaimana kualitas jika dibandingkan made in europe? berapakah kira2 modal awal untuk sebuah mesin kapasitas 6 ban product of china? Komplit set nya berapa duit? Dan adakah sistem pelatihan atau train service for new machine. Thx before.

    BalasHapus
  4. sangat sangat berguna share nya buat pemain baru di dunia retread. salam

    BalasHapus