Senin, 06 Agustus 2012

Kwalitas karet sama, pressure ban sama, beban angkut sama, kondisi jalan sama, dalam artian semua serba sama, Pabrik dan merek sama, kenapa ban jenis steel radial daya jelajahnya bisa lebih jauh dari pada ban Bias nylon? rahasianya disini:
Perbedaaannya ada di design kontruksi casing ban dan telapak ban.
Ban radial steel: Kontruksi kawat baja sebaris lurus sudut 90 L. Dinding sidewall lebih tipis, flexible dan lebih lentur. Karet telapak lebih lebar dari pada ban jenis bias nylon.
Ban bias Nylon: Konstruksi berlapis2 nylon cord (Ply Rating) berbentuk diagonal. Dindingi sidewall lebih tebal dan kokoh kuat. Karet telapak biasanya tidak selebar ban jenis Radial.
Kelebihan: Ban steel radial (gak harus pakai ban dalam) karena dinding sidewall tipis dan lentur maka saat dipakai pada kendaraan, walau pressure angin tinggi, karet telapak ban yg lebih lebar tersebut selalu tempel pada permukaan jalan dgn Merata. Kekurangan: ada kelemahan pada dinding sidewall untuk beban berat.
Kelebihan : Ban Bias nylon konstruksinya terdiri berlapis2 nylon cord ( PR) sangat kokoh dan kuat untuk beban yang lebih berat, tapi kurang elastis dan lentur. Kekurangan: Karena konstruksi casing kokoh dan kuat, bila pressure angin tinggi, kedua sisi telapak ban sedikit terangkat dan beban tertumpu pada tengah telapak, menjadikan daya jelajah berkurang. ( bahkan bisa berkurang sampai 50%)
Kelemahan ini juga bisa terjadi pada Vulkanisir ban cetak panas traditional yang besar cetakan tidak sesuai dengan ukuran Casing Ban ( dibahas di topik perbedaan Vulkanisir panas traditional dengan Vulkanisir dingin pakai Chamber )
Ali.champion.

2 komentar :

  1. Nice info

    Selama ini ternyata perbedaan ban radial dengan ban bias lumayan significant yah.

    Blog ini sangat bermaanfaat bagi semua.

    Ditunggu artikel berikutnya,

    BalasHapus