Kamis, 15 Juli 2010

KEKUATAN DAN DAYA JELAJAH BAN VULKANISIR.


DAYA KONSTRUKSI BAN
Untuk proses pengerjaan yang benar dan bagus baik sistem panas maupun sistem Dingin,
Kontruksi Ply Rating yang ada pada Ban tidak boleh berkurang , bila sudah terkikis atau Ply rating sudah terbuang sebagian, maka hasil pekerjaan Ban Vulkanisir tidak bisa sempurna.
Dapat diibaratkan seperti ketika kita membangun Rumah bertingkat yang mewah, tetapi fondasi hanya ala kadarnya saja, apakah Rumah tersebut dapat berdiri kokoh?

DAYA LEKAT KARET VULKANISIR.
Apapun kondisi Casing ban dan apapun sistem Prosesnya, daya lekatnya tetap tergantung pada proses pengerjaannya, disini SDM yg melakukan tugasnya harus benar benar qualified dan bertanggung jawab dalam melaksanakan ketentuan2 yg benar dan sesuai dengan standard pekerjaannya, artinya Ban harus kering, bersih, lobang2 bekas paku dll harus sudah ditambal, cacat2 pada phisik casing, somplak dll harus sudah di tutup rapat, tidak boleh ada angin yg tersisa walau sekecil bulatan uang logam, tekanan angin dan temperatur harus dijaga stabil, lamanya proses harus ikuti aturannya.

DAYA JELAJAH,
Faktor yang paling utama adalah kwalitas dari karet Vulkanisir, jadi TIDAK BENAR kalau karet Dingin lebih bagus dari karet Panas.
ingat, ban baru menggunakan karet vulkanisir sistem panas.
Ada pertanyaan, kenapa dengan kwalitas karet yang sama dan dipakai dalam satu kendaraan tapi daya pakainya bisa berbeda, ada yg batiknya masih tebal dan ada yg sudah tipis, jawabanya sbb:
Selain faktor utama kwalitas karet Vulkanisir, masih terdapat banyak faktor lain yang mempengaruhi daya jelajah ban tersebut antara lain yaitu yang paling sering kita jumpai adalah :

PASANGAN BAN TIDAK SAMA TINGGI, jadi ban yang tinggi memikul beban dan tekanan yg jauh lebih besar dari ban yg lebih kecil.

TEKANAN ANGIN TIDAK SAMA, bila tekanan angin melampaui batas yang direkomendasikan maka telapak ban yang menapak ke jalan tidak merata, tetapi hanya yang bagian tengahnya, kalau ini terjadi, maka daya jelajah akan berkurang 20 ~ 50 % dari yang seharusnya, kondisi ini bisa dilihat dari casing bekas yg sdh gundul, apakah terkikis hanya bagian tengah atau merata.
Selain contoh diatas, masih ada faktor2 lain yang mempengaruhi daya jelajah ban.

1 komentar :